Halving Bitcoin Bisa Bikin “Badai Cuan” atau “Badai Kerugian”?

Pasar aset kripto

Halving BitcoinPasar aset kripto bersiap menyambut momen penting di bulan April 2024, yaitu Bitcoin Halving. Peristiwa ini diprediksi membawa peluang kenaikan harga Bitcoin, meskipun diiringi pula dengan beberapa tantangan.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Bitcoin (BTC) berhasil mencatatkan kinerja positif pada Maret 2024 dengan ditutup di harga US$71.333, naik 16,62 persen. Kinerja positif ini berlanjut di kuartal pertama 2024, di mana Bitcoin ditutup melesat 68,68 persen.

“Persetujuan ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari 2024 telah membawa dampak positif, membuka akses bagi investasi tradisional baru ke pasar kripto,” ujar Panji Yudha, Financial Expert Ajaib Kripto. Hal ini terbukti dengan harga Bitcoin yang mencapai US$73.750 pada 14 Maret 2024, melampaui level tertinggi di tahun 2021.

Perdagangan ETF Bitcoin Spot dan Dampaknya

Sepanjang kuartal pertama, perdagangan ETF Bitcoin Spot dengan sebelas ETF yang disetujui SEC membawa total arus masuk sekitar US$12,1 miliar. ETF Bitcoin Blackrock (IBIT) mendominasi dengan mengumpulkan US$13,9 miliar, sedangkan ETF Bitcoin Grayscale (GBTC) mengalami arus keluar US$14,7 miliar.

Analisis Pergerakan Harga Bitcoin

Saat ini, Bitcoin bergerak sideways di kisaran US$68.500-US$71.500. Jika breakdown di support MA-20 (US$68.000), harga berpotensi turun ke support US$64.000. Namun, jika bertahan di atas support US$69.000 dan MA-20, Bitcoin masih berpotensi menguji resistance US$73.000 sebelum Halving.

Peluang dan Tantangan Menjelang Halving

Menurut data Coinglass, rata-rata Bitcoin ditutup naik 27 persen pada kuartal kedua dalam periode 2013-2023. Hal ini menunjukkan peluang kenaikan harga Bitcoin di beberapa minggu ke depan.

“Kemungkinan Bitcoin akan turun menuju support-nya sebelum kembali bullish pada akhir kuartal II di Juni 2024,” ujar Panji. Proyeksi akhir tahun Bitcoin berpotensi ditutup positif di atas US$73.000, melihat pola di Halving sebelumnya.

READ  Daur Ulang Sampah Elektronik: Hasilkan Energi Hijau Bagi Masa Depan

Namun, beberapa faktor juga perlu dipertimbangkan, seperti perubahan kebijakan suku bunga The Fed dan data aliran ETF BTC Spot. Pasar akan menantikan pidato petinggi The Fed dan rilis data Non-Farm Payroll (NFP) untuk melihat sentimen pasar.

Tentang Ajaib Kripto

Ajaib Kripto adalah platform investasi aset kripto yang aman dan terpercaya di Indonesia. Ajaib Kripto terdaftar di Bappebti dan diawasi oleh OJK. Ajaib Kripto menawarkan berbagai fitur dan layanan untuk memudahkan pengguna dalam berinvestasi aset kripto, seperti:

  • Transaksi mudah dan aman
  • Harga kompetitif
  • Fitur edukasi dan analisis
  • Komunitas investor yang aktif

Ajaib Kripto berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam berinvestasi aset kripto.

Harga Bitcoin diprediksi akan naik menjelang Halving April 2024. Halving adalah peristiwa di mana imbalan penambang Bitcoin dipotong setengah, yang dapat membatasi pasokan dan meningkatkan permintaan. Faktor-faktor yang mendukung kenaikan harga Bitcoin termasuk persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh SEC, kinerja positif Bitcoin di kuartal pertama 2024, dan pola historis kenaikan harga setelah Halving.

Namun, investor perlu mempertimbangkan beberapa tantangan, seperti kebijakan suku bunga The Fed AS yang dapat mempengaruhi sentimen pasar dan data ekonomi makro yang dapat mempengaruhi aliran dana ke pasar aset kripto.

Sebelum berinvestasi, investor perlu melakukan riset dan analisis untuk memahami risiko dan peluang investasi di aset kripto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *